Pengukuran Kinerja dengan Perspektif Keuangan dan Pelanggan (SK. Divisi HCM Grup Perusahaan Maritim Surabaya)

  • Murni Sari Dewi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • R.A. Norromadani Yuniati Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ristanti Akseptori Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: Kata kunci: Divisi HCM, Grup Perusahaan Maritim, Human Resources Scorecard (HRSC), Ukuran Kinerja.

Abstract

Suatu perusahaan harus memiliki daya saing tinggi untuk bisa bertahan di suatu industri, kunci untuk menambah nilai daya saing perusahaan dengan melalui peningkatan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan. Permasalahan di perusahaan ini yaitu belum memiliki penilaian kinerja karyawan khususnya pada divisi HCM, kurang terstrukturnya administrasi, dan kurang terintegrasinya sistem presensi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengukuran kinerja divisi HCM pada Grup Perusahaan Maritim di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Human Resources Scorecard dengan melibatkan dua perspektif yaitu perspektif keuangan dan perspektif pelanggan, pengukuran pembobotan setiap perspektif menggunakan Analytical Hierarchy Process, pengukuran target dan realisasi kinerja perusahaan menggunakan Traffic Light System, serta rekomendasi perbaikan menggunakan usulan inisiatif strategis. Hasil penelitian menunjukkan dengan mengacu pada dua perspektif HRSC, terdapat lima ukuran kinerja yang dapat diterapkan perusahaan sebagai standar penilaian kinerja karyawan pada divisi HCM. Secara keseluruhan skor perspektif keuangan adalah 66,93 dan skor perspektif pelanggan adalah 11,98. Perspektif keuangan berkategori warna hijau, artinya kinerja telah mencapai target dan perspektif pelanggan berkategori warna kuning, artinya kinerja belum mencapai target. Perusahaan dapat menerapkan rekomendasi perbaikan berupa kebijakan dan inisiatif strategis untuk memperbaiki target kinerja yang belum tercapai.

References

[1] Amiruddin. (2019). Pengaruh Etos Kerja, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor (First; Amiruddin, ed.). Jakarta: Qiara Media.
[2] Astuti, T. W., Praptono, B., & Kurniawati, A. (2015). Perancangan Alat Ukur Kinerja Sumber Daya Manusia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Bandung dengan Menggunakan Metode Human Resources Scorecard. Jurnal Rekayasa Industri, 2(1), 791–801.
[3] Diana. (2018). Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (Pertama; C. M. Sartono, ed.). Yogyakarta: Deepublish.
[4] Falatehan, A. F. (2016). Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Pengambilan Keputusan untuk Pembangunan Daerah (Pertama; I. Pustaka, ed.). Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
[5] Lorisa, C., & Doaly, C. O. (2017). Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia dengan Human Resource Scorecard di PT. Trio Jaya Steel. Jurnal Teknik Industri, 7(3), 132–135.
[6] Noviawati, A. F. (2016). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Adev Natural Indonesia Kota Bogor Antika. Institut Pertanian Bogor.
[7] Pane, S. G., & Fatmawati. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pertanahan Nasional Kota Medan. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 2(3), 67–79.
[8] Panjaitan, M. (2018). Peran Keterlibatan dan Partisipasi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 4(1), 52–60.
[9] Simanjuntak, H. V. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Dosen pada Universitas Trunajaya Bontang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 89–102.
[10] Soemohadiwidjojo, A. T. (2018). Panduan Praktis Menyusun KPI (First; Andriansyah, Ed.). Jakarta: Raih Asa Sukses.
[11] Welan, J., & Rondonuwu, C. N. (2018). Pengukuran Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Metode Human Resource Scorecard pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 4123–4132.
[12] Wicaksana, E. A., Darsono, & Sutrisno, J. (2016). Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja PT. Central Proteina Prima Tbk Melalui Pendekatan Human Resources Scorecard. SEPA, 12(2), 156–169.
Published
2020-09-17
How to Cite
Dewi, M., Norromadani Yuniati, R., & Akseptori, R. (2020). Pengukuran Kinerja dengan Perspektif Keuangan dan Pelanggan (SK. Divisi HCM Grup Perusahaan Maritim Surabaya). ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(2), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/10.34306/abdi.v1i2.148