Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pelaporkan SPT Melalui E-filling(Pada WPOP di KPP Sukoharjo)

Authors

  • Elfio Tera Farras Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nursiam Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.34306/adimas.v2i1.508

Keywords:

Sosialisasi Perpajakan, Keamanan dan Kerahasiaan, Kegunaan yang Dirasakan, Kenyamanan yang Dirasakan, Bunga Wajib Pajak, E-Filling

Abstract

Memperoleh bukti empiris tentang pengaruh sosialisasi perpajakan, keamanan dan kerahasiaan, persepsi manfaat, dan persepsi kenyamanan terhadap minat wajib pajak orang pribadi dalam melaporkan SPT melalui e-filling di KPP Pratama Sukoharjo adalah tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada wajib pajak orang pribadi di Sukoharjo. Metode pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 responden. Pengujian analisis menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sosialisasi perpajakan, keamanan dan kerahasiaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat wajib pajak orang pribadi untuk melaporkan SPT melalui e-filling dengan nilai sig masing-masing 0,002. Sedangkan variabel perceived usefulness, perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap minat wajib pajak orang pribadi untuk melaporkan SPT melalui e-filling dengan nilai sig masing-masing sebesar 0,753 dan 0,084.

Downloads

Download data is not yet available.

References

V. Kainde, D. M. D. Warouw, and R. Paputungan, “Tanggapan Masyarakat Wajib Pajak Kelurahan Pakowa Terhadap Iklan Pajak Yang Di Tayangkan Di Siaran Televisi Trans 7,” ACTA DIURNA Komun., vol. 4, no. 5, 2015.

M. A. Sahban and M. M. SE, Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang, vol. 1. Sah Media, 2018.

V. T. D, “MODEL DALAM E-LEARNING PADA,” no. 2016, pp. 21–29, 2020.

A. L. N. Syah and A. Widianto, “Minat Pelaporan SPT melalui E-Filling: Studi Kasus Pada KPP Pratama Tegal,” Politek. Harapan Bersama Tegal. J. Media Ris. Akuntansi, Audit. Inf., vol. 17, no. 1, pp. 81–96, 2017.

N. N. Andriani, “Prosedur Pengisian Dan Pelaporan E-Form (1770 S Dan 1770) Melalui E-Filing Pada Kantor Konsultan Pajak Drs. Agus Sambodo Dan Rekan.”

A. Jihan and D. Rusli, “Pengaruh faktor kepribadian terhadap phubbing pada generasi milenial di sumatera barat,” J. Ris. Psikol., vol. 2019, no. 4, 2019.

A. M. Ginting, “Strategi Perpajakan 2015,” J. P3DI Vol. VII, No. 03/I/P3DI/Februari 2015, pp. 13–16, 2015.

A. R. Lubis, B. Bahmid, and S. Suriani, “Pengaturan Hukum Penyebaran Berita Bohong (Hoax) Melalui Media Online,” J. Tect., vol. 1, no. 1, 2019.

Pu’o Sofyarifani, Jullie J. Sondakh, dan Novi S. Budiarso. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Menggunakan E-filling Sebagai Sarana Pelaporan SPT Pada KPP Pratama Poso. Jurnal Riset Akuntansi Going Concem, Vol 13, No 3. Halaman 311-324.

L. Santioso, A. B. Daryatno, and A. J. Aristha, “ANALISIS PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, KESIAPAN TEKNOLOGI INFORMASI, KEAMANAN DAN KERAHASIAAN TERHADAP MINAT PERILAKU PENGGUNAAN E-FILLING,” J. Akunt., 2018.

I. Arthaningsih, “PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KESIAPAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP MINAT WAJIB PAJAK MENGGUNAKAN E-FILLING (STUDI KASUS PADA KPP PRATAMA SINGARAJA).” Universitas Pendidikan Ganesha, 2021.

J. RAHAYU, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT TRI SAMPURNO MULYO JEMBER.”

I. M. W. Putra, I. N. K. A. Mahaputra, and I. M. Sudiartana, “PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK, SOSIALISASI PAJAK DAN PENERAPAN E-BILLING TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BADUNG UTARA,” Kumpul. Has. Ris. Mhs. Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 117–127, 2021.

Wahyuni, Resky. 2015. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Keamanan, dan Kerahasiaan, dan Kecepatan Terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling. Jurnal FEKON. Vol 2, No 2.

Wardani, Dewi Kusuma dan Wati Erma. 2018. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pengetahuan Perpajakan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nominal, Vol 7, No 1.

Wardhani, Anindhiati Restu dan Daljono. 2020. pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi terhadap Bendahara Pemerintah pada Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Akuntansi Diponegoro, Vol. 9, No. 4, Halaman 1-9.

Wibisono, Lisa Tamara dan Agus Arianto Toly. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-filling di Surabaya. Jurnal review Pajak dan Akuntansi, Vol 4, No 1.

Wiratan, Kathleen dan Karina Harjanto. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-filling Oleh Wajib Pajak. Jurnal Bina Akuntansi, Vol 4, No 5. Halaman 310-349.

Winerungan, Oktaviane Lidya. 2013. Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP manado dan KPP Bitung. Jurnal EMBA, Vol 1, No 3. Halaman 960-970.

Wurianti, Exti Lusiani Ega dan Anang Subardjo. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak di Wilayah KPP Pratama. Jurnal Ilmu

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Farras, E. T., & Nursiam. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pelaporkan SPT Melalui E-filling(Pada WPOP di KPP Sukoharjo). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i1.508